Penyakit Jantung Koroner


Penyakit Jantung Koroner

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Organ berukuran sebesar kepalan tangan ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung koroner juga dikenal dengan istilah penyakit jantung iskemik dan termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sekitar 35 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Menurut Federasi Jantung Dunia, angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus pada tahun 2014.

Penyakit Jantung koroner adalah penyakit jantung yang terjadi karena rusaknya dinding pembuluh darah karena beberapa faktor resiko seperti radikal bebas yang terkandung dalam rokok dan polusi , kolesterol tinggi, hipertensi , diabetes, kebiasaan merokok , dsb. Kolesterol yang menimbun didinding bagian dalam pembuluh darah, dapat mengakibatkan pembuluh darah mengalami penyempitan dan aliran darahpun menjadi tersumbat. Akibatnya , fungsi jantung terganggu karena harus bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah. Seiring perjalanan waktu,  arteri – arteri koroner makin sempit dan mengeras . Inilah yang disebut Aterosklerosis.

Seseorang mengalami penyakit jantung koroner jika aliran darah ke jantungnya terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini dikenal dengan istilah aterosklerosis dan merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Jika ini terjadi, aliran darah ke jantung terblokir sepenuhnya dan serangan jantung pun terjadi. Faktor pemicu aterosklerosis meliputi kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes, serta tekanan darah tinggi.

Faktor resiko Penyakit Jantung Koroner adalah

  • Radikal bebas yaitu ion molekul tanpa pasangan yang mengikat molekul lain yang mengakibatkan   molekul atau zat tadi menjadi rusak atau berubah sifat. misalnya sel- sel pembuluh darah menjadi cepat mati atau pembuluh darah jadi menyempit . Sel- sel yang berubah sifat contohnya sel-sel kanker
  • Asap rokok
  • Polusi udara
  • Polusi kimiawi/lingkungan seperti : semprotan nyamuk , inteksida, cat
  • Polusi elektromagnetik seperti : hanphone, layar tv , layar monitor
  • Polusi dari tubuh sendiri seperti penyekit kronis diabetes contohnya.
  • Obesiatas , dapat menyebabkan penyakit jantung karena terlalu banayak makan
  • Penyakit jantung koroner dapat juga diturunkan dari ke;uarga , jika salah satu keluarga   mempunyai riwayat penyakit jantung koroner ( Tapi sebenarnya penyebab utama jantung koroner pada hakikatnya adalah karena kelainan metabolisme.

Penyakit jantung koroner dapat disebut juga penyakit arteri koroner yang merupakan salah satu penyebab yang paling utama pada kematian di dunia sekarang ini. Maka dari itu sangatlah penting bagaimana untuk mengetahui sejak dini tentang gejala dan penyebab penyakit jantung koroner ini untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Gejala penyakit jantung koroner pada pria berbeda dengan penyakit jantung koroner pada wanita. Statistik telah memberikan gambaran bahwa penyakit jantung koroner yang paling umum terjadi pada orang tua dan pria dibandingkan wanita dengan usia yang sama. Jantung koroner diakibatkan oleh plak di arteri yang sangat berlebihan membuat saluran arteri ini menyempit sehingga tidak mampu untuk memasok darah dan oksigen ke jantung. Akibatnya aliran darah menjadi terhambat dan orang yang menderita tersebut telah terjangkit penyakit jantung koroner.Jantung koroner juga mengakibatkan rasa nyeri pada dada dan berujung serangan jantung.

Penyakit jantung koroner pada pria berbeda dengan penyakit jantung pada wanita. Sebagai contoh seorang pria akan merasakan nyeri pada bagian dada, sedangkan pada wanita akan sering merasakan lebih cepat lelah dan lemah. Pria yang sedang berusia 40 tahun ke atas memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dingan wanita.

Berikut ini gejala yang umum terjadi pada penyakit jantung koroner :

  • Perasaan nyeri yang terdapat pada dada seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di dalam dada dan meremas-remas atau disebut dengan angina.
  • Perasaan terbakar pada bagian dada Sesak nafas Sesak di bagian dada
  • Perasaan mual Sering pusing
  • Mati rasa pada bagian dada
  • Detak jantung tidak teratur dan sering kali cepat

Jika sesorang mengalami angina, gejala di atas akan sering muncul di saat anda melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Karena tubuh pada saat itu memerlukan banyak pasokan darah dan jantungpun menuntut arteri untuk memasok lebih banyak darah,namun karena plak atau timbunan kolesterol di dalam arteri dan pembuluh darah yang menyempit maka jantung tidak dapat memompa darah dengan banyak. Jika hal tersebut tidak segera ditangani akan membuat pembekuan darah di dalam arteri sehingga menjadi serangan jantung.

Penyakit jantung koroner terbagi ke dalam dua jenis yang dikategorikan berdasarkan tingkat penghambatan aliran darah, yaitu

  • Angina (angin duduk)
  • dan serangan jantung.

Penyakit jantung yang tidak ditangani akan mengakibatkan komplikasi mematikan. Ketika tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah untuk memompa darah, kinerja jantung akan menurun. Kondisi ini dikenal sebagai gagal jantung. Komplikasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap.

Jenis Pemeriksaan Penyakit Jantung Koroner

Pada diagnosis awal, dokter biasanya akan menanyakan tentang gejala, riwayat kesehatan keluarga, serta pola hidup Anda. Jika mencurigai Anda mengidap penyakit jantung, dokter akan menganjurkan Anda untuk menjalani beberapa pemeriksaan untuk mengonfirmasi diagnosis. Misalnya, tes darah, elektrokardiogram (EKG), angiografi koroner, CT scan, serta MRI scan.

Langkah Pengobatan Untuk Penyakit Jantung Koroner

Jika mengidap penyakit jantung, Anda sangat dianjurkan untuk mengubah pola hidup Anda seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, minum obat secara teratur dan sesuai petunjuk dokter, serta berhenti merokok. Penyakit jantung koroner tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah agar tidak memburuk. Dokter akan menganjurkan langkah operasi untuk menangani penyakit ini jika diperlukan. Tujuan dalam pengobatan penyakit jantung adalah untuk mengendalikan gejala dan menurunkan risiko munculnya serangan fatal seperti serangan jantung.

Terdapat beberapa langkah pencegahan yang sederhana untuk menghindari penyakit jantung, yaitu:

  • Berhenti merokok.
  • Menerapkan pola hidup sehat, misalnya mengurangi makanan berkolesterol tinggi serta berolahraga teratur.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Mengurangi konsumsi minuman keras.
  • Rajin selalu minum herbal Alami untuk  terapi  kesehatan  dan pengobatan penyakit jantung seperti Phtochi.

Penyakit jantung koroner ini merupakan penyakit kronis yang anda harus dicegah dengan mematuhi apa saja yang menjadi penyebab untuk segera anda tinggalkan. Penyebab penyakit jantung pada umumnya adalah akibat pola hidup kita yang kurang sehat, kecenderungan penderitanya adalah mereka yang memiliki gula darah tinggi, kolesterol, tekanan darah tinggi, kegemukan (obesitas), dan para perokok. Hal itu mengakibatkan tumbuhnya benjolan kecil di dalam pembuluh darah, benjolan ini disebut plak dan terbentuk karena kolesterol, lemak, dan sel yang tumbuh berlebihan pada lapisan pembuluh darah otot. Plak ini mulai terbentuk sejak muda kadang semasa kanak-kanak.

Untuk Anda yang sudah terkena penyakit Jantung , tenang kami memberikan solusi dengan selalu rutin konsumsi herbal kesehatan untuk segala penyakit. Phytochi obat herbal pilihan  yaitu herbal yang terdiri dari 16 extrak herbal alami, karena phytochi dikenal sebagai herbal pilihan yang terbaik untuk memelihara kesehatan ataupun sebagai terapi untuk kesehatan dan penyembuhan segala penyakit.

Bagi Anda yang sudah terkena penyakit Jantung kami memberikan solusi untuk obat herbal alami Phytochi yang aman dan sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun untuk terapi pengobatan , karena Phytochi terbuat dari kandungan phytochi 16 extrak Herbal pilihan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan memberikan banyak  khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Phytochi sebagai obat herbal alami untuk pengobatan dan terapi Phytochi obat herbal alami penyakit jantung

Berbagai macam jenis penyakit jantung dan cara mengobati penyakit jantung dengan obat herbal phytochi. Phytochi sebagai solusi utama obat penyakit jantung . Order dan pesan di alamat toko herbal shop pasarinternet indonesia yang beralamat  di Premier park 2  ModernLand Metropolis Tangerang dekat alamat rumah sakit mayapada cikokol tangerang banten

Untuk Anda yang berminat silahkan langsung hubungi CS kami dikontak person yang terdapat disebelah kanan website ini . Untuk Anda yang tinggal di daerah Tangerang, Jakarta dan sekitarnya bisa datang langsung ke Outlet kami yang berada di Tangerang di Ruko Premier Park 2 Tangerang, di dekat Perumahan  modernland dekat  Alamat  Rumah Sakit Mayapada Tangerang Cikokol Tangerang Banten.

You may also like...

%d bloggers like this: