Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat

 

ASAM URAT

ASAM URAT

Pengertian Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat / Gout

Penyakit Asam Urat / Gout

Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden).

Jadi asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Sedangkan pemicunya adalah makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Sebetulnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen.

Sayangnya, fakta ini masih belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Akibatnya banyak orang suka menyamaratakan semua makanan. Orang menyantap apa saja yang dia inginkan, tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya. Makanan sumber dari produk hewani biasanya mengandung purin sangat tinggi.Produk makanan mengandung purin tinggi kurang baik bagi orang-orang tertentu, yang punya bakat mengalami gangguan asam urat. Jika mengonsumsi makanan ini tanpa perhitungan, jumlah purin dalam tubuhnya dapat melewati ambang batas normal.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikeluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penyakit Asam Urat( Gout)

Penyakit Asam Urat( Gout)

Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Berdasarkan pengertian asam urat inilah maka dapat kita disimpulkan bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian.

Ketidakmampuan ginjal didalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah diantaranya disebabkan ginjal itu sendiri yang lagi bermasalah atau dengan kata lain ginjal yang kurang sehat. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Walaupun kita mengkonsumi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, insya Allah tidak akan banyak masalah apabila kondisi ginjal kita sehat dan normal.

Oleh karena itulah, bagi Anda yang lagi menderita penyakit asam urat hendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatan yang intensif terhadap ginjal Anda. Segala bentuk upaya yang Anda lakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal Anda masih dalam kondisi tidak fit alias bermasalah. Jadi upaya untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan upaya menurunkan asam urat. Kalau tidak demikian, maka saya tegaskan sekali lagi bahwa upaya anda menurunkan zat asam urat akan sia-sia bila ginjal anda tidak mendapat penanganan yang serius.

Pengertian penyakit asam urat, penyebab, gejala dan cara pengobatan. Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Zat purin terdapat pada tiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup seperti daging, sayuran dan buah-buahan.

Mengapa asam urat bisa terjadi?

Dalam keadaan normal tubuh akan mengeluarkan asam urat melalui kotoran atau urin. Namun apabila terjadi masalah pada ginjal dapat menyebabkan asam urat dalam tubuh berlebihan. Asam urat yang berlebihan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri dan bengkak. Oleh karena itulah biasanya penderita asam urat akan mengalami susah jalan.

Penyebab Terjadinya Asam Urat
Penyebabnya adalah penumpukan kristal asam urat di dalam jaringan ikat, yaitu ruang antara dua tulang atau di dalam tulang itu sendiri. Asam urat menjadi kristal dan terkumpul di area persendian. Kristal asam urat tersebut akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Dalam istilah medis asam urat yang banyak di aliran darah disebut hyperuricemia.

Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit gout primer dan penyakit gout sekunder.

  • Pada penyakit gout primer, 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.
  • Penyakit gout sekunder disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organic yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi.

Gejala umum yang terjadi pada Penderita Asam Urat

Berikut gejala umum yang terjadi pada penderita asam urat antara lain:
1. Kesemutan dan linu
2. Nyeri yang terjadi di malam atau pagi hari
3. Sendi bengkak dan berwarna kemerahan.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Untuk mencegah dan mengobati asam urat dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
Bagi mereka yang sudah terkena asam urat untu sebaiknya mengontrol makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan perbanyaklah minum air putih untuk membantu membuang purin berlebih.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan –seperti hati, jantung, babat, dan limfa.

KONSUMSI jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit. Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa. Tetapi salah satu dampaknya, jika tubuh kelebihan senyawa purin maka si empunya diri mengalami sakit pada persendian.

Dibawah ini jenis makanan yang banyak mengandung purin yaitu :

  • Jeroan, hati, ginjal, limpa, babgat, usus, paru dan otak
  • Makanan laut : udang, kerang, cumi, kepiting, kornet, sarden
  • Daging
  • Telur
  • Kuah kental
  • Tempe
  • Oncom
  • Susu kedelai
  • Sayuran : bayam, kangkung, daun singkong, dan kembang kol. Selain itu minuman beralkohol. Makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari.

Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejalanya.

Penyakit radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat darah disebut dengan artritis gout atau artritis pirai. Artritis gout yang akut disebabkan oleh reaksi radang jaringan terhadap pembentukan kristal urat. Pada sebagian besar kasus gout riwayat penyakit dan gambaran klinis bersifat khusus, sehingga kadang-kadang diagnosis dapat langsung ditegakkan.
Seseorang dikatakan menderita asam urat (gout) jika kondisinya memenuhi beberapa syarat dan biasanya perjalanan penyakitnya klasik sekali, seperti mempunyai gejala yang khas penyakit gout, mempunyai perjalanan penyakit yang khas penyakit gout, ditemukan asam urat dalam kadar tinggi dalam darahnya, dan hasil pemeriksaan mikroskopik dari cairan sendi atau tofus (benjolan asam urat) ditemukan kristal asam urat yang berbentuk jarum.

Umumnya yang terserang asam urat adalah para pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause. Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.

Mengapa asam urat cenderung dialami pria? Ini karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urine. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen tersbut.

Jadi selama seorang perempuan mempunyai hormon estrogen, maka pembuangan asam uratnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai estrogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat. Kalau peningkatan asam urat ini melewati ambang batas yang bisa ditolerir, persoalan akan timbul pertama pada ginjal, sendi, dan saluran kemih

Kadar Normal

Pemeriksaan asam urat di laboratorium dilakukan dengan dua cara, Enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada Teknik Biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar asam urat melampaui standar normal itu, penderita dimungkinkan mengalami hiperurisemia.

Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.

Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit gout itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit gout. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Phytochi Herbal terbaik Solusi Untuk Terapi pengobatan Penyakit yang Anda derita

Phytochi herbal untuk segala penyakit merupakan produk herbal dengan kombinasi 16 herbal pilihan, merupakan jus herbal terbaik dan menyegarkan dan memberikan kelebihan stamina dan memberikan suasana hati menjadi lebih nyaman.Phytochi adalah Extrak dari 16herbal terbaik yang bekerja sinergis untuk memulihkan kesehatan kita semua.

Phytochi merupakan herbal terbaik untuk Anda yang sedang mencari solusi untuk pengobatan penyakit yang sedang Anda derita. Phytochi obat herbal yang berkhasiat dan bermanfaat untuk pengobatan segala penyakit.

Phytochi sebagai Suplemen Herbal yang berkhasiat dan bermanfaat untuk pengobatan segala penyakit  karena  Phytochi Adalah Herbal yang diformulasikan khusus untuk :

  1. Membuang Racun (toxin) didalam tubuh
  2. Memberikan nutrisi kepada sel sehingga bisa memperbaiki dirinya sendiri
  3. Memperlancar peredaran darah sehingga semua sel-sel tubuh mendapatkan makanan dan oksigen
  4. Menyeimbangkan semua sistem tubuh.
  5. Meningkatkan daya tahan dan Energi Tubuh

Kelima unsur inilah yang akan menyembuhkan segala keluhan kesehatan kita. PhytoChi ini diciptakan berdasarkan teori Pengobatan Tradisional China ( TCM ) yang berfungsi untuk menyeimbangkan kerja organ-organ tubuh. Menurut teori ini, kita akan sehat bila organ-organ tubuh bekerjasama secara seimbang.

Bila karena suatu hal terjadi ketidak seimbangan karena salah satu organ tubuh melemah maka organ tubuh lainnya akan bekerja ekstra keras untuk menyeimbangkannya. Inilah yang memicu timbulnya penyakit lain. Keseimbangan kerja organ tubuh dapat terganggu oleh berbagai hal, misalnya akibat stress, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minuman alkohol berlebihan, memakai obat-obatan secara terus menerus ( untuk pengobatan maupun penyalahgunaan ), lingkungan hidup tercemar serta pola makan yang tidak sehat.

Begitu Luar biasa nya Khasiat PhytoChi yang membantu banyak penyembuhan penyakit . 

 

Herbal phytochi

Untuk terapi herbal kesehatan terbaik phytochi tidak sama individu satu dengan yang lain, Setiap individu berbeda2, biasanya rata-rata dalam 3hari sd 7 hari sudah terasa perbedaan.

Minum Phytochi secara rutin setiap hari memberikan banyak manfaat dan kesembuhan dalam terapi pengobatan dengan herbal alami phytochi.

Berikut Proses Penyembuhan terapi herbal kesehatan Phytochi yaitu :   

  • Badan Terasa Sedikit lebih Hangat
  • Metabolisme Meningkat, mengakibatkan suhu tubuh sedikit Naik yaitu dengan ditandai kotoran hijau / kehitaman
  • Proses pembuangan toksin dari usus besar , biasanya ditandai dengan Rasa Kembung, Bersendawa dan Buang Angin
  • Proses menormalisasi sistem pencernaan akan berasa Lebih sakit pada tempat yang memang sudah sakit
  • Proses pembuangan Toksin ditempat yang bersangkutan akan merasakan efek Mengantuk dan Keletihan
  • Proses pembuangan Toksin dari dalam pembuluh darah akan merasakan kepala terasa Pening, Rasa oyong dan Keringat Dingin
  • Umumnya pada pasien diabetes & darah tinggi, merupakan proses pembuangan toxin ditandai dengan Susah Buang air Besar atau sebaliknya Diare
  • Proses pembuangan toksin dari usus besar yaitu akan Timbul Gatal-Gatal, Keringat Bau
  • Proses Pembuangan Toksin dari kulit dengan efek Haid Tidak teratur atau Terganggu
  • Proses menormalisasi keseimbangan hormon dalam badan akan disertai Pilek, Batuk Berdahak, Nafas Menjadi Bau
  • Proses pembersihan kuman atau normalisasi sistem pernafasan akan terlihat ciri- ciri Muka sedikit sembab, Kencing Berbau
  • Untuk Proses normalisasi Fungsi Ginjal

Jika timbul gejala-gejala diatas setelah minum PHYTOCHI, jangan takut, itu hanya sementara karena reaksi penyembuhan dengan membuang racun dalam tubuh, perbanyak minum air putih saja. sehari minimal 8 gelas atau 1,5liter sd 2liter air putih.

yang membuat Phytochi luar biasa dan Ajaib menyembuhkan banyak penyakit

 

Dimanakah ANDA untuk mendapatkan Herbal kesehatan phytochi ? pasti itu yang menjadi pertanyaan ANDA BUKAN? Kita sebagai Toko Herbal Shop Pasarinternet  menyediakan “HERBAL KESEHATAN PHYTOCHI ” secara online dengan bantuan jasa pengiriman seperti JNE , TIKI , POS INDONESIA, DAKOTA , WAHANA atau jasa pengiriman lainnya yang terpercaya. Atau bisa datang langsung ke toko kami Herbal Shop Tang city Mall tangerang cikokol atau di Offies kami yang terletak di Herbal Shop Premier park 2 metropolis modernland  , yang berada di dekat Rumah Sakit Mayapada atau di dekat  pasar Modernland cikokol tangerang.

Untuk lebih jelasnya tentang Phytochi , harga termurah dapat langsung ke CS kami dengan kontak person terdapat disebelah kanan website ini.

You may also like...

%d bloggers like this: