Apa itu Penyakit Gout

Ciri- ciri penyakit asam urat , penyakit asam urat, gejala penyakit asam urat, tanda-tanda  penyakit aam urat,

Apa itu Penyakit Gout ?

Penyakit gout adalah suatu penyakit radang sendi yang disebabkan karena tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Liver atau hati adalah organ tubuh berfungsi untuk memetabolisme banyak senyawa di dalam tubuh, termasuk purin. Purin merupakan suatu senyawa yang mengandung materi genetik, banyak terdapat pada sel tubuh dan makanan. Purin akan dimetabolisme oleh hati menjadi asam urat. Asam urat ini kemudian akan masuk ke dalam darah dan dibuang melalui urin setelah melewati ginjal. Setiap keadaan yang dapat meningkatkan produksi asam urat oleh hati atau adanya gangguan di ginjal dapat mengakibatkan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Keadaan kekurangan cairan atau dehidrasi pun dapat menigkatkan konsentrasi asam urat di dalam darah. Apabila tingkat konsentrasi asam urat ini mencapai level tertentu, maka asam urat dapat mengendap di dalam sendi, terutama sendi ibu jari kaki dalam bentuk kristal asam urat.
penyakit sendi goutPengendapan kristal asam urat ini adalah sesuatu yang tidak normal, sehingga tubuh akan menganggap hal ini sebagai suatu ancaman. Reaksi tubuh selanjutnya adalah membuat suatu peradangan di lokasi tersebut. Sel darah putih menyerang daerah endapan kristal asam urat sehingga daerah sekitar menjadi merah, bengkak, nyeri, dan panas. Mekanisme peradangan ini sebetulnya baik, mencoba menghancurkan kristal asam urat. Peradangan akut pada sendi akibat deposit kristal asam urat dinamakan serangan akut gout atau acute gouty arthritis. Bila deposit kristal asam urat ini berlanjut terus menerus, maka akan terjadi suatu tonjolan yang dinamakan tophus. Bila tophus ini terus bertambah besar, maka akan terjadi deformitas dan kerusakan pada sendi serta membatasi pergerakan sendi secara maksimal.
Pengobatan Penyakit Gout

Pengobatan penyakit gout secara garis besar terdari 2 bagian, yakni mengatasi serangan akut, dan mencegah terjadinya serangan kembali. Pada keadaan serangan akut, obat yang biasa diguanakan adalah kolkisin (colchicin), obat pereda rasa sakit golongan NSAID (ibuprofen, aspirin, naproxen, dll), dan obat steroid (umumnya menggunakan prednison). Untuk dosis akan disesuaikan dengan keadaan sakit pasien dan adakah kontraindikasi penggunaan obat tersebut. Sedangkan untuk mencegah terjadinya serangan kembali, kadar asam urat di dalam darah harus dapat dikontrol dalam rentang normal menggunakan obat untuk mencegah terbentuknya asam urat atau dengan meningkatkan sekresi asam urat melalui ginjal.

Selain pengobatan melalui pil yang dikonsumsi, penatalaksanaan penyakit gout juga meliputi perubahan pola makan. minum air yang banyak serta olahraga teratur. Makanan yang perlu dihindari pada penderita penyakit gout antara lain:
– Daging merah
– Alkohol
– Kafein

%d bloggers like this: